Permohonan Maaf Terkait Ilustrasi Artikel

178

Perihal: Permintaan Maaf Kepada Lini Zurlia Terkait Peringatan/Teguran (Somasi) Menolak Penggunaan Potret sebagai Ilustrasi Artikel Tanpa Izin

Dengan Hormat,

Terkait dengan pengaduan surat peringatan/teguran (somasi) yang diberikan Lini Zurlia, pada tanggal 2 Juli 2020, terhadap media siber Geolive, terkait ilustrasi gambar (thumbnail) untuk artikel opini karya Revina VT yang berjudul “Feminisme Garis Logis” yang dianggap telah melanggar UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers (UU Pers), UU No. 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, dan Pedoman Pemberitaan Media Siber terkait dengan Hak Cipta.

Pihak Redaksi Geolive telah menerima surat somasi tersebut. Sejak awal, kami sudah mengubah ilustrasi tersebut (beberapa saat setelah tayang) karena kami juga melihat ada masalah etika dari ilustrasi tersebut dan oleh karena itu pula, pihak Redaksi Geolive menyatakan permintaan maaf secara khusus terhadap pihak Lini Zurlia dan secara umum kepada segenap publik pembaca yang telah melihat ilustrasi tersebut.

Kami, Redaksi Geolive, tidak ada maksud untuk menggunakan ilustrasi tersebut untuk meningkatkan traffic pembaca demi keuntungan perusahaan semata maupun menyinggung pihak Lini Zurlia. Sekali lagi, kepada Lini Zurlia, kami memohon maaf telah menyinggung dan menggunakan foto tanpa izin Lini Zurlia sebagai pihak yang berada di dalam foto tersebut.

Sedikit saja catatan dari kami, terkait dengan hak cipta, sepengetahuan kami berdasarkan kebijakan Twitter terkait informasi pribadi dan pengertian Hak Cipta yang tercantum dalam UU No 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, ilustrasi tersebut tidak bisa dikatakan mengandung Hak Cipta, karena foto/gambar tersebut adalah versi yang telah diubah oleh pihak lain dan telah beredar secara luas di Twitter tanpa melanggar kebijakan Twitter.

Pihak Redaksi Geolive mengambil foto/gambar tersebut dari sebuah cuitan yang diunggah oleh akun Twitter dengan username @bang_bar0n yang telah dipergunakan dan disebarkan oleh banyak pihak lain di media sosial.

——————————————–

Revisi untuk paragraf ini (2 Juli 2020, 22.30 WIB):

Pihak Redaksi Geolive membuat ilustrasi tersebut dengan meng-crop foto/gambar dari sebuah cuitan yang diunggah oleh akun Twitter dengan username @bang_bar0n, kemudian ditambahkan sejumlah editan lagi untuk menyesuaikan dengan desain keseluruhan ilustrasi artikel. Gambar asal yang di-crop tersebut telah dipergunakan dan disebarkan oleh banyak pihak lain di media sosial.

——————————————–

Namun demikian, pada akhirnya kami tetap meminta maaf kepada pihak Lini Zurlia atas penggunaan ilustrasi tersebut yang kamipun sadari sebagai suatu tindakan yang tidak etis. Pihak Redaksi Geolive berkomitmen agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Demikian permohonan maaf dari Redaksi Geolive, harapannya dapat berkenan bagi pihak-pihak yang telah dirugikan oleh keberadaan ilustrasi tersebut.

Terima kasih.


Redaksi Geolive
Geolive adalah media edukasi politik yang bertujuan membumikan kerangka pikir rasional dan ilmiah dalam hidup bermasyarakat. | Email: geolive.id@gmail.com | Instagram/Twitter: @GeoliveID
Comments