Polyglot Indonesia


Polyglot Indonesia merupakan wadah bagi orang-orang yang antusias untuk mempelajari beberapa bahasa. Polyglot Indonesia juga memfasilitasi orang-orang untuk belajar bahasa, mendalami suatu bahasa dan memfasilitasi orang-orang untuk mendapatkan teman berbicara bahasa asing, dikarenakan banyak member Polyglot Indonesia yang pernah tinggal di negara lain.

Komunitas ini didirikan pada tahun 2012 oleh Arra’di Nur, Rizal Monis Pandhu Hapsari, dan Krisna Laurensius. Polyglot Indonesia berawal dari keresahan akan jumlah pengguna bahasa asing yang berasal dari Indonesia yang sedikit dan jam berbicara untuk menggunakan bahasa asing yang dibawa itu berkurang dikarenakan lingkungan dan jumlah penggunanya. Tujuan dari komunitas ini adalah menambah jam praktik bahasa lebih banyak dengan suasana yang santai dan menyenangkan, sehingga meminimalisir perasaan terintimidasi dari para penggunanya. Selain itu, anggota juga dapat bertukar informasi (seperti informasi beasiswa atau informasi perjalanan) dan tentu saja memperluas jaringan pertemanan.

Kegiatan ini ditujukan untuk:
1. Orang-orang Indonesia yang pernah mempelajari bahasa asing di luar negeri dan ingin
menjaga kemampuan bahasa mereka;
2. Orang-orang Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan percakapan mereka dengan
berlatih bercakap-cakap dengan penutur asli dan pelajar bahasa yang lain;
3. Orang-orang asing yang ingin berlatih percakapan bahasa Indonesia dan ingin membantu
orang yang untuk mempelajari bahasa ibu/asli mereka.

Polyglot Indonesia tersebar di berbagai wilayah regional, yaitu Banda Aceh, Bandung, Denpasar, Jakarta, Mataram, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. masing-masing chapter terdiri dari beberapa table yang menandakan bahasa yang akan dipelajari. Setiap chapter memiliki serangkaian kegiatan yang berbeda-beda, tetapi secara umum, rangkaian dari kegiatan berbagai chapter Polyglot Indonesia di masing masing chapter adalah regular meetup 2 kali dalam sebulan dengan tema tertentu yang berisi diskusi mengenai tema yang diusung dengan menggunakan bahasa yang berbeda-beda pada setiap mejanya. Regular meetup juga seringkali membahas mengenai kebudayaan, baik itu budaya asing maupun budaya Indonesia.

Polyglot Indonesia terbuka untuk umum bagi siapapun yang ingin bergabung, baik itu untuk mencari relasi, belajar memperdalam suatu bahasa, atau yang ingin belajar mengenai kebudayaan melalui bahasa. Cara untuk bergabung dengan komunitas ini sangatlah mudah dan gratis, namun tiap-tiap chapter atau wilayah regional memiliki kebijakan tersendiri dalam pembukaan member, seperti chapter Jakarta yang hanya dengan mengisi form (online registration) yang bisa didapatkan melalui akun instagram Polyglot Indonesia. Setelah mengisi form tersebut tinggal datang untuk mengikuti regular meet up dan memilih salah satu table bahasa. Setiap regular meet up memiliki form yang berbeda-beda, maka para peminat perlu mengecek setiap informasi mengenai regular meet up di masing-masing chapter secara rutin. Seluruh informasi mengenai tata cara bergabung di tiap-tiap chapter dapat dilihat melalui media sosial berupa instagram.


Comments